Tips Dan Trik Yang Harus Kamu Ketahui Saat Menggunakan Excel - Yuk Cari Tahu!

Tips N Trik - Ini dia 5 tips dan trik saat kalian menggunakan excel


1. Kenali Dulu fungsi Microsoft Excel


Fungsi adalah suatu perintah yang digunakan untuk menghitung, dan memanipulasi data.

Hal ini juga disebut rumus oleh beberapa orang, Ada beberapa contoh fungsi yang sering digunakan, antara lain :

1. SUM

2. Average

3. Max dan Min


Sebagai contoh, SUM adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan.

Average adalah fungsi untuk mencari rata-rata dari suatu nilai.

Max Min adalah fungsi untuk mencari nilai terbesar dan terkecil.

Seluruh fungsi harus diawali dengan tanda sama dengan atau “=”, ketik =SUM untuk melakukan fungsi jumlah secara massal, lalu pilih kolom atau baris mana yang akan dijumlahkan.


2. CTRL + F atau find and replace pada Microsoft Excel

Maksud dari CTRL + F adalah kombinasi keyboard dan fungsi di Microsoft Excel untuk melakukan pencarian.

Fungsi ini berguna jika kalian sudah memiliki data sebanyak ratusan atau ribuan data.

Tekan CTRL + F dan cari nama barang, angka atau data yang tersedia dan kalian akan menemukan data tersebut secara cepat.

Dari banyak data nama barang yang ada, kamu mungkin akan bingung di mana nama barang tersebut berada.

Data yang ditemukan akan diberikan highlight dengan kotak berwarna hitam supaya kalian dapat fokus menemukan data yang kalian cari.


3. Pindahkan data dan duplikat sekaligus dengan drag and click


Sesuai judul triknya, trik ini digunakan untuk memindahkan 1 data atau lebih dari 1 tabel ke tabel lain, serta memberikan efek copy-paste.

Tujuannya adalah memperbaiki struktur tabel, dan melakukan input data secara massal.

Kalian harus memperhatikan kotak kecil hitam saat kalian mendekatkan kursor ke kotak tabel.

Arahkan kursor kalian ke kotak kecil hitam lalu klik dan drag ke kanan atau kiri untuk melakukan copy dan paste data secara instan.

Adjarian dapat melakukan fungsi ini dengan kombinasi keyboard CTRL + C dan CTRL + V juga.

Walaupun cara yang digunakan berbeda, tetapi tujuannya tetap sama.


4. Pindahkan data secara massal tanpa melakukan duplikat dengan drag and click

Berbeda dengan tips no. 3, tips ini digunakan dengan tujuan untuk memberikan ruang untuk tabel lain atau memperbaiki struktur tabel yang kurang rapih.

Dekatkan kursor kalian ke garis hitam hingga muncul tanda “+”.

Maka kalian bisa geser data yang kalian inginkan ke kolom dan baris yang kalian inginkan,

Sebagai contoh, Adjarian ingin melakukan input data di tabel A, tetapi ada beberapa data penting di tabel B yang memakai banyak ruang di kolom A, B, C sampai F.

Dengan tips ini, kalian dapat memindahkan data tersebut ke kolom selanjutnya, dan melakukan input data dengan normal, lalu kembalikan data di kolom tadi kembali ke kolom A, B, C sampai F.


Baca Juga : Cara Membuat Es Krim Mudah Tanpa Menggunakan Mesin


5. List shortcut untuk meningkatkan efisiensi kerja kalian

Ada kombinasi tombol keyboard yang dipadukan untuk melakukan perintah fungsi tertentu.

Jika kalian bingung dimana icon untuk suatu fungsi, belajar shorcut keyboard bisa menjadi pilihan menarik.

Berikut adalah 5 shortcut Microsoft Excel yang dapat membantu kalian.

a. CTRL + C : Melakukan salin data dalam bentuk huruf dan angka.

b. ALT + A : Memilih semua kolom dan baris pada microsoft excel.

c. CTRL + Z : Undo atau mengembalikan aksi sebanyak 1x.

d. CTRL + Y : Repeat typing atau mengulang aksi yang kalian lakukan sebanyak 1x.

e. CTRL + P : Membuka menu print hasil dari pekerjaan kalian.

Komentar

Postingan Populer